Kamis, 28 September 2023

BILL GATES






BILL GATES SANG PENEMU MICROSOFT

William Henry Gates atau yang biasa dikenal dengan nama Bill Gates adalah seorang tokoh bisnis, investor,filantropis, penulis asal Amerika Serikat, serta mantan CEO yang saat ini menjabat sebagai ketua Microsoft, perusahaan perangkat lunak yang ia dirikan bersama Paul Allen. 

TENTANG MICROSOFT


Microsoft adalah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berpusat di Redmond, Washington, Amerika Serikat yang mengembangkan, membuat, memberi lisensi, dan mendukung berbagai produk dan jasa terkait dengan komputer.Jenis - Jenis Microsoft beragam seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft PowerPoint, dan jenis lainnya.

Salah satu jenis Microsoft yang sering digunakan yakni Microsoft word, adalah suatu program aplikasi yang berfungsi untuk mengolah kata dengan meliputi membuat, menyunting, hingga membuat suatu format dokumen.Dalam dunia pekerjaan, aplikasi yang satu ini kerap disebut juga dengan nama program pengolahan kata yang akan digunakan untuk membuat dokumen secara digital yang rapi dan praktis. Hal ini juga berlaku dalam dunia pendidikan, program aplikasi ini dapat digunakan untuk mempermudah penggunanya membuat dokumen keperluan berbasis kata atau tulisan.

BIOGRAFI BILL GATES


Bill Gates lahir pada 28 Oktober 1955 di Seattle, Washington.Ia adalah anak dari pasangan William H. Gates, Sr. dengan istrinya, Mary Maxwell Gates. Kedua orang tua Gates merupakan keturunan bangsa Inggris, Jerman, dan Irlandia. Ayahnya adalah pengacara ternama sedangkan ibunya menjabat sebagai anggota dewan direktur First Interstate BancSystem.Gates muda memulai studinya dengan bersekolah di Lakeside School, sebuah sekolah persiapan eksklusif di Seattle.

Disekolah inilah, Gates mulai mengembangkan ketrampilannya dalam dunia pemrogaman.Pada usia 17 tahun, berkerja sama dengan Allen, Gates mendirikan suatu usaha yang mereka beri nama Traf-O-Data. Gates lulus dari Lakeside School pada tahun 1973 dan kemudian kuliah di Harvard College pada musim gugur 1973.Di tahun kedua kuliahnya, Gates berhasil merancang sebuah algoritma untuk penyortiran panekuk sebagai solusi atas satu dari serangkaian masalah yang belum terpecahkan. 

Pada musim panas 1974, Gates menghubungi Paul Allen, dan bergabung dengannya di Honeywell. Pada tahun berikutnya, saat MITS Altair 8800 berbasis CPU Intel 8080 diluncurkan, Gates dan Allen melihat peluncuran tersebut sebagai kesempatan untuk mendirikan perusahaan perangkat lunak komputer sendiri. Untuk mewujudkan impiannya ini, Gates kemudian keluar dari Havard dan bekerja bersama Allen di MITS di Albuquerque pada November 1975. Mereka menamai usaha yang baru mereka bangun dengan nama "Micro-Soft" dan mendirikan kantor pertamanya di Albuquerque. Satu tahun berikutnya, nama usaha mereka ganti menjadi Microsoft dan pada 26 November 1976 nama dagang "Microsoft" didaftarkan di Kementerian Luar Negeri New Mexico.

Bersama Microsoft, Gates membawa namanya di dunia bisnis sebagai pria paling sukses dan paling kaya. Gates menduduki peringkat pertama dalam daftar orang terkaya di dunia sejak tahun 1995 hingga 2009, tidak termasuk 2008 ketika ia turun ke peringkat tiga. Di Microsoft, Gates pernah menjabat sebagai CEO dan kepala arsitek perangkat lunak, dan dia menjadi pemegang saham perorangan terbesar dengan lebih dari 8% saham umum perusahaan.Pada masa akhir karirnya, Gates melakukan beberapa usaha filantropi dengan menyumbangkan sejumlah besar dana ke berbagai organisasi amal dan program penelitian ilmiah melalui Bill & Melinda Gates Foundation yang didirikannya pada tahun 2000. Pada bulan Januari 2000, Gates resmi mengundurkan diri sebagai pejabat eksekutif tertinggi Microsoft tapi dia masih menjabat sebagai ketua dan membentuk jabatan kepala arsitek perangkat lunak.

Sumber : 
https://www.merdeka.com/william-henry-gates
https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-microsoft-word/
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Bill_Gates

Penulis : Saphira Dinda Nayla

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROFIL PEMBUAT BLOG

Hallo semua perkenalkan kami dari kelompok 5 kelas XII IPS 3  Dibuatnya Blog ini untuk memenuhi tugas mata pelajaran Sejarah Pem...